persib is the best !!!!!

cmangat truz bot PERSIB....

Jumat, 08 Januari 2010

Mempercepat Koneki k INTERNET

Apa sich yang diharapkan bagi kebanyakan pengguna Internet – tidak lain adalah kecepatan akses baik saat browsing ataupun saat download. Pada dasarnya banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet antara lain: line / jalur yang tidak bagus antara rumah pelanggan ke Central office terdekat; masalah disisi Central office (ISP), software boncengan di komputer kita (misal Malware), masalah pada komputer kita sendiri, dan hampir sebagian besar disebabkan oleh sisi server Website yang kita kunjungi disisi ujung koneksi internet kita. Jadi bagaimana cara mempercepat koneksi internet?

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara mempercepat koneksi internet, kita perlu mengetahui prinsip dasar dari cara kerja internet itu sendiri. Saat kita mengetikkan suatu alamat website tertentu misal www.sysneta.com lewat browser kita di komputer, ada suatu mekanisme yang menterjemahkan www.sysneta.com kedalam suatu IP address oleh DNS resolver atau DNS server. Perhatikan diagram berikut ini.

Proses resolusi host-nameJika komputer kita berada pada suatu jaringan dimana tidak ada DNS server yang bisa me-resolve host-name (dari host-name menjadi IP address) atau ada DNS resolver local akan tetapi tidak bisa meresolve suatu permintaan – maka permintaan tersebut di forward ke luar lewat gateway (router). Kalau misalkan komputer kita di rumah berlangganan internet lewat Speedy, maka permintaan DNS tersebut di forward keluar ke DNS server yang ada di kantor Telkom (yaitu DNS1 dan DNS2). Setelah DNS server di Telkom menemukan IP address dari yang di minta (misalkan www.sysneta.com mempunyai IP=202.102.10.211), maka IP dikembalikan kepada komputer yang memintanya dan baru komputer tersebut memakai IP=202.102.10.211 tersebut untuk menuju ke server dengan IP tersebut. Jadi ada delay yang relative agak lama jika yang me resolve host-name adalah dari DNS server diluar jaringan kita.

Umumnya saat kita berlangganan ke suatu ISP, tentunya ada perjanjian layanan setidaknya kita tahu berapa lebar bandwidth yang akan kita terima. Jika kita menggunakan sambungan dial-up modem lewat sambungan telpon seperti pada umumnya misal dial-up kepada layanan Telkomnet Instan, maka lebar bandwidth terbatas pada maksimal 56 Kbps saja. Jadi usaha kita untuk mempercepat koneksi internet tentunya tidak akan melewati batasan architecturenya. Sambungan Internet Cable dengan modem Janis DOCSIS 3.0 bisa memberikan infrastructure sampai kecepatan 300 Mbps – tentunya tergantung infrastructure ISP apakah DOCSIS 3.0 compliant atau masih DOCSIS 2.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar