persib is the best !!!!!

cmangat truz bot PERSIB....

Kamis, 11 Februari 2010

memperdalam fo

Paribahasa yang tepat untuk tulisan kali ini. Tulisan kali ini akan membahas tentang alat-alat yang terlibat dalam dunia FO. Singkatnya, apa aja sih yang selalu kita jumpai kalau berhubungan dengan kabel optik ????

1. Kabel Fiber Optik
Berbicara tentang kabel, di tulisan sebelumnya pernah saya sebutkan ada 2 kategori, yaitu single mode dan multimode (iya nggak sih?). Nah kedua kategori itu dibagi lagi jadi 2, yakni kabel indoor (patchcord) dan outdoor (kabel tanam langsung, kabel udara).
nih gambarnya :

fo_

2. Joint Closure
Dari namanya bisa ditebak itu adalah box tempat core FO disambung/di-splice. Jadi penyambungan kabel FO tidak bisa di-pluntir seperti kabel tembaga. wakakaka WTF!!
nih gambarnya:
oimg_GC03045446_CA03045449

3. Fusion Splicer
Ini bukan jurus fusion-nya Son Go Ku lo…. :P Ini adalah nama alat sambung khusus untuk penyambungan kabel optik. Inti penyambungan dilakukan dengan cara FUSION (peleburan).
Jadi tuh kabel ditembak laser, dan inti core melebur jadi bubur, eh jadi satu…. Begitu singkat ceritanya.
nih gambarnya :
r12kit

4. OTDR
Kepanjangan jadi Optical Time Domain Reflectometer. Fungsi alat ini untuk mengukur jarak dan total Losses (redaman) dari kabel FO. Jadi kita nggak perlu ngukur pake meteran bro… wakakkaka tapi kalo mau sih silahkan. Tujuan penggunaan alat ini di dunia FO yaitu untuk mengetahui jarak kabel yang putus, misal dikrokoti tikus (WTF with this mouse). Trus kualitas transmisi dari penggelaran kabel FO. Bisa saja ada bending (tekukan/tekanan) yang menyebabkan losses bertambah, dan sudah pasti kualitas berkurang.
nih gambarnya :
ANDO_AQ7260

5. Laser Source and Power Meter
Perangkat ini berpasangan, pacaran ta? Bukan coy, tapi berpasangan penggunaannya. Laser Source berfungsi membangkitkan sinyal laser (ex: 1550nM, 1310 nM) dan diterima oleh Power meter di sisi lawannya. Power meter akan mendapatkan nilai losses (redaman) total dari kabel yang diukur dalam satuan dB.
nih gambarnya :
QVTIMG20050917112709069

Tidak ada komentar:

Posting Komentar